Kamis, 25 September 2014

kotbah toleransi etos kerja


TOLERANSI DAN ETOS KERJA
Sumber:
Hari/Tanggal : Jum’at , 26 September 2014
Alamat : Desa Purwosari Lampung Timur
Nama Penceramah : Ust. Ikhsan
Nama masjid: Al-Hikmah

Assalamualaikum wr.wb
Agama islam yang bertujuan untuk mengantarkan hidup manusia kepada kesejahteraan dunia dan akhirat. Islam membuka pintu kerja setiap muslim agar ia dapat memilih amal yang sesuai dengan kemammpuannya. Manusia merupakn makhluk social yang saling membutuhkan satu sama lain. dengan demikian perlu ditumbuhkan sikap toleransi dan tenggang rasa agar senantiasa saling menutupi kekurangan masing-masing.
1.surah Al kafirun
Katakanlah(Muhammad):Wahai orang-orang kafir. Aku tidak akan meneyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah apa yang akau sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah pula menjadi penyembah apa yang aku sembah. Untukmu agamamu dan untukku agamaku.
Yang menjelaskan tentang tidak adanya paksaan dalam beragama. Allah menyuruh Muhammad untuk tida menyembah apa yang disembah oleh orang kafir.
2.surah Yunus
dan diantar mereka ada orang-orang yang beriman kepada al-qur’an dan diantaranya ada pula orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan. “bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun terlepas dari apa yang kamu kerjakan
Yang menjelaskan tentang nabi Muhammad yang menghadapi orang-orang kfir dan musyrik yang mendustakannya.
Etos kerja yang berarti etika atau tat cara dalam bekerja.

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar