Kamis, 25 September 2014

kotbah agama tentang adil


Adil, Rida’, Dan Amal Shaleh
Sumber:
Hari/Tanggal : Kamis, 25 September 2014
Alamat : Kampung Baru Kec. Kotagajah
Nama Penceramah : Ust. Muslim
Nama Masjid : Nurul Falah

Assalamualaikum wr.wb
Bersikap adil, rida, dan amal shaleh baik dalm perkataan maupun perbuatan merupakan bagian dari akhlakul karimah yang harus dimiliki setiap muslim. Adil yang berarti melaksanakan amanat Allah dengan menempatkan sesuatu pada kedudukan sebenarnya dengan tidak menambah atau menguranginya, sedangkan rida adalah rela dan menerima dengan rasa senang apa yang diberikan oleh Allah swt. Dan amal shaleh adalah perbuatan baik yang dikerjakan karena mengharap rida Allah swt.
Pengertian adil pada dasarnya memiliki arti dalam bahasa arab yaitu “adl” yang berarti sama. Dalam istilah agama adalah melaksanakan amanat Allah yang menempatkan sesuatu pada kedudukan sebenernya. Adil merupakan sifat terpuji yang diperintahkan Allah, sebagaimana tertuang dalam firman-Nya:
“Sesungguhnya allah menyuruh kamu untuk berlaku adil dan berbuat kebajikan, member kepada kaum kerabat dan allah melarang perbuata keji dan permusuhan.”(Q.S.An-Nahl(16):90)
Berlaku adil dibagi menjadi beberapa bagian. Siapa sajakah ??
1.Kepada Allah
2.Kepada diri sendiri
3.Kepada orang lain
4.kepada makhluk lain
Pengertian rida’
Secara istilah rida berarti rela dan ikhlas menerima semua yang ditetapkan allah kepadanya meskipun secara logika sangat merugikan dirinya. Ikhlas dasar suatu amal yang diterima selain itu amalan juga harus sesuai dengan yang disyariatkan. Lalu apakah perbuatan baik iru bisa dikatakn amal shaleh? Tidak, sebab perbuatan baik yang dilakukan atas dasar tidak ada niat dan keihlasan karena allah maka amalnya akan sia2.
Keutamaan Rida’
Orang yang memiliki sikap rida maka hidupnya akan menjadi tenang karena keyakinannya bahwa apa yang allah berikan kepadanya adalah yang terbaik baginya.
Pengertian Amal Shaleh
Allah memrintahkan kepada seluruh umat manusia untuk berbuat kebaikan. Amal shaleh adalh segala amal perbuatan yang dikerjakan karena mengharap rida Allah seperti dalm firman Allah swt:
“Katakanlah: Sesungguhnya shalatku ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untukmu Allah Tuhan semesta alam.
Manfaat amal shaleh
Bagi seorang mukmin maka ia kan mendapatkan pahala dari Allah swt. Selain itu akan menambah dan memepererat persaudaraan antar sesama msnusia.

                                                Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar